Kiat Sukses ala Donald Trump

Unik tapi Fakta - Jika dalam cerita Walt Disney, Donald adalah tokoh yang selalu ketiban sial dengan segala ulahnya, lain halnya dengan Donald yang satu ini. Donald yang akan menjadi tokoh penting dalam artikel ini tak lain adalah Donald Trump, seorang wirausahawan, pioner program pertelevisian dan pebisnis sukses dari Amerika Serikat.

Donald John Trump, begitulah nama lengkap sosok yang lebih dikenal dengan nama Donald Trump. Ia lahir di New York City, 14 Juni 1946. Usaha pria yang telah dikaruniai 5 anak ini tak hanya satu, mengurus organisasi Trump, pengembang pemasaran real estate, pendiri dunia hiburan Trump, pemilik bisnis casino sampai acara TV THE APPRENTICE pun ia terjuni. Sungguh luar biasa memang energi dan semangat pria lulusan Pennsylvania University ini.

Kesuksesan yang dituai seorang Donald Trump bukan semata-mata diraih dari hasil warisan orang tuanya. Donald tumbuh dalam kedisiplinan yang cukup tinggi setelah sempat mengenyam pendidikan militer di Akademi Militer New York, seperti dilansir wikipedia. Jika selama ini kita mengira bahwa ia sukses akibat orang tuanya yang juga kaya, well, pendapat itu sangat salah. Kesuksesan Donald Trump tidak diperoleh secara instant. Jatuh bangun dari kegagalan usaha dan terseret dampak krisis ekonomi pun sempat membuat ia kesulitan membayar utang. Tetapi Donald Trump tak menyerah, ia bangkit dan mengembalikan kejayaan usahanya dengan semangat dan motivasi yang dimilikinya.

Sebagai seseorang yang dermawan, Donald Trump berbagi tips kesuksesannya pada pembaca WomanOnly. Seperti dikutip dari blog pribadi Donald Trump, trumpuniversity, 10 Tips Sukses secara istimewa dibagikan untuk Anda:

1. Selalu Fokus! Kerahkan semua pikiran Anda pada apa yang ingin Anda capai

Seringkali pikiran kita ini berjalan-jalan ke mana-mana, keinginan yang satu belum tercapai sudah ingin yang lain. Pekerjaan yang satu belum selesai sudah kepikiran pekerjaan lain. Memang terkadang sebagai profesional kita dituntut untuk multitasking, tetapi jangan sampai tugas yang satu belum maksimal Anda langsung mengalihkan pikiran pada tugas lain. Tentukan mana yang lebih prioritas, dan pusatkan pikiran Anda di sana. Tugas akan lebih cepat selesai, dan Anda akan meraih nilai A pada semua tugas.

2. Percayalah pada diri Anda, jika tidak, tak ada seorangpun yang akan percaya

Kepercayaan diri adalah sangat penting bagi segala aspek, termasuk menjadi sukses. Jika kita sendiri meragukan kemampuan kita, merasa ragu-ragu, merasa minder dan rendah diri, bagaimana orang bisa yakin dan memberikan kita tanggung jawab yang besar?

Tunjukkan pada atasan atau orang lain bahwa Anda mampu, Anda akan berusaha semaksimal mungkin, Anda akan memberikan hasil terbaik, Anda akan berjuang dan Anda tak akan menyerah, dan tangga kesuksesan pertama akan dengan mudah Anda naiki.

3. Teguhlah pada pendirian Anda!

Ketika Anda memiliki sebuah ide, berpeganglah pada ide tersebut. Toh Anda sudah berpikir keras dan memikirkan yang terbaik bagi ide itu. Jangan mudah goyah karena cemooh orang lain. Jika Anda yakin Anda bisa, jika Anda yakin Anda benar, jika Anda yakin ide Anda adalah jalan keluar yang terbaik, maka jangan goyah. Perjuangkan ide tersebut dan buktikan bahwa Anda benar.

4. Percayalah pada insting

Jangan pernah abaikan hati kecil Anda. Bagaimanapun hati kecil itu tak pernah berbohong dan akan selalu menuntun dan mengingatkan Anda. Saat insting Anda tiba-tiba mengatakan sesuatu, dengarkan ia. Dan ikuti insting Anda. Seringkali insting adalah penunjuk jalan yang terbaik dan tak membuat kita tersesat.

5. Jaga hubungan baik dan berikan semangat pada orang lain

Menjaga hubungan baik dengan orang lain sangatlah penting, karena saat membangun relasi kita membangun suatu jembatan yang kokoh menuju kesuksesan. Dan jangan biarkan orang-orang di sekitar Anda murung dan tak bersemangat, jadilah lilin bagi mereka yang membuat mereka tetap dapat melihat dalam kegelapan. Jadilah cheerleader yang selalu memberi semangat dan menghibur mereka. Karena kunci dalam team adalah saling memiliki dan mendukung satu sama lain.

6. Lihatlah diri Anda sebagai pemenang dan pemimpin

Jangan melihat diri sebagai pengikut saja, menjadi pengikut mungkin bukan sesuatu yang buruk. Tetapi menjadi pengikut kita akan membunuh kreativitas di dalam diri kita. Selalu berpikir dan berusaha untuk menjadi pemenang dan pemimpin, kembangkan kreasi Anda dan biarkan kreativitas selalu hidup dalam benak Anda.

7. Bersemangat pada apa yang Anda kerjakan

Betapapun berat pekerjaan atau tugas yang sedang Anda jalani, tetaplah bersemangat dalam menjalankannya. Kerikil tajam memang seringkali menusuk kaki dan memperlambat jalan Anda, tetapi jangan sampai membuat Anda berhenti di tengah jalan. Tetap maju menuju arah tujuan Anda.

8. Hiduplah dalam rasa cemas, dan jangan terlalu cepat lega

Bukan berarti Anda harus stres setiap hari, namun dalam tips yang satu ini Donald Trump menginspirasi kita agar tidak cepat puas pada satu hal saja, dan minta kita agar tetap selalu kreatif dan berpikir hal apa lagi yang bisa Anda lakukan untuk membuat Anda lebih maju.

9. Jangan serahkan kepemimpinan hanya pada usaha team. Jika Anda mengaku bertangung jawab, terjunlah langsung dengan team Anda

Sering ditemui atasan-atasan yang nebeng beken dari usaha teamnya. Memaksa dan menekan team untuk bekerja keras, setelah itu namanya yang akan dipuji-puji padahal ia tak melakukan apapun. Tidak, kepemimpinan bukan hanya menyuruh dan bersikap bossy. Menjadi pemimpin berarti Anda harus terjun langsung dan memimpin mereka dalam misi meraih sukses. Bukan hanya sekedar berkacak pinggang dan menunjuk ini dan itu.

10. Jangan pernah menyerah!

Jangan biarkan kegagalan membuat Anda berhenti berusaha, jika Anda gagal maka belajarlah dari kegagalan Anda dan berusaha untuk memperbaikinya. Gagal lagi? berusahalah lagi sampai Anda berhasil melakukannya.

Siap mengikuti jejak sukses Donald Trump? Bagikan 10 tips ini pada rekan dan team Anda, dan raihlah sukses bersama! (kapanlagi.com)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »