Ternyata Sepatu Berhak Tinggi, Bikin Payudara Turun


(Foto : Ifood)


Unik tapi Fakta - Wanita yang gemar menggunakan sepatu berhak tinggi sebaiknya sering-seringlah berolahraga karena ternyata bentuk payudara yang menurun berasal dari sepatu Anda yang fashionable itu.

Sepatu dengan hak tinggi akan menambah buruk postur tubuh Anda. Sepatu yang terlihat fashion itu ternyata bisa membuat payudara menurun. Bagaimana bisa?

Semuanya berawal dari lemahnya otot dada yang dipengaruhi pula oleh cara Anda duduk. Semakin sering Anda duduk, otot-otot akan semakin tegang, melemah dan akhirnya lupa bagaimana caranya berkontraksi.

Kombinasi dari hal tersebut membuat tulang panggung maju ke depan dan mendorong perut bagian bawah keluar, sehingga Anda tampak agak buncit meskipun tidak memiliki lemak di perut.

Ketika Anda membungkuk ke depan seperti yang sering Anda lakukan ketika bekerja di depan komputer atau mengendarai mobil, otot-otot dada akan mengeras, kemudian membuat bahu maju ke depan dan turun ke bawah secara permanen. Selain sepatu hak tinggi, pengaruh cara duduk juga membuat payudara seorang wanita menurun.

Seorang konsultan fitnes untuk Women's Health, Rachel Cosgrove menjelaskan bahwa penggunaan sepatu hak tinggi menyebabkan otot-otot di pergelangan kaki menegang.

Tegangan ini kemudian akan menjalar terus ke bagian atas kaki hingga akhirnya mencapai bagian tulang belakang dan otot dada. Hal ini akan membuat Anda membungkuk dan penampilan payudara pun menjadi kurang sempurna karena terlihat menurun.

Cosgrove menyebutkan bahwa tubuh kita adalah rantai otot yang saling berhubungan, mulai dari otot bagian kepala hingga ujung kaki.

"Jika kita punya masalah di satu bagian tubuh, maka bagian tubuh lainnya pun akan bermasalah," ujar Cosgrove, seperti detikhealth kutip dari MSN, Kamis (30/7/2009).

Namun jangan khawatir, jika Anda sudah terlanjur menggunakan sepatu berhak tinggi, Anda dapat mengikuti tiga langkah untuk sederhana memperbaiki penampilan postur tubuh yang membungkuk.

1. Usahakan Selalu Duduk Setinggi Yang Anda Bisa
Ingatkan selalu diri Anda setiap menitnya untuk melakukan hal ini, baik itu ketika depan komputer atau di mobil. Anda akan terkejut betapa seringnya Anda membungkuk ketika tidak mengingatkan diri sendiri tentang hal ini.

Cobalah teknik-teknik ini untuk membuat tubuh Anda tetap tegak.
- Tarik bahu ke belakang, buatlah jarak yang cukup jauh antara telinga dan bahu, dan cobalah bertahan dengan posisi tersebut.
- Anggaplah bahwa Anda sedang ditarik oleh sebuah tali dari langit-langit, hal ini akan membuat dada Anda tegak setiap waktu.
- Tahan bagian perut Anda selama beberapa saat, tapi usahakan bernafas secara normal. Awalnya mungkin sulit, namun teruslah berlatih dan selanjutnya Anda akan merasa sebagai hal yang normal.

2. Lakukan Olahraga 'Menaikkan Pinggul'
Jika hal ini dilakukan setiap hari, Anda akan mendapatkan tulang pinggul yang kuat dan melatih otot tulang panggul berkontraksi dan membuatnya berada pada posisi seharusnya.

Caranya, berbaringlah di lantai dengan posisi punggung menempel dengan lantai, lutut dibengkokkan dan telapak kaki menghadap lantai.

Letakkan lengan di samping tubuh, kemudian tarik badan ke belakang hingga tubuh dan lutut menjadi lurus. Tahan selama 5 detik dan kembalilah ke posisi semula. Lkukan secara berulang minimal 10 kali setiap harinya.

3. Lakukan Peregangan 'Menuju Pintu'
Jika Anda banyak menghabiskan waktu di depan komputer dan kurang waktu untuk olahraga, cobalah menggerakkan badan ketika akan menuju keluar ruangan atau kamar mandi.

Cobalah melakukan peregangan 'menuju pintu'. Hal ini bisa melepaskan ketegangan di otot dada yang dapat membuat Anda terlihat pendek dan payudara menurun.

Angkat lengan dan siku ke atas hingga membentuk sudut 90 derajat, kemudian berjalanlah menuju pintu dengan gerakan meregangkan dsn menarik lengan ke samping hingga Anda merasa bahu dan bagian depan dada lebih lentur dan tidak kaku.

Lakukan setidaknya 30 menit setiap harinya, Anda pun akan memiliki postur yang lebih baik. Terlepas dari itu, sebaiknya pengunaan sepatu berhak tinggi juga sebaiknya dikurangi.

Mulailah mencobanya hari ini juga dan Anda pun akan terlihat lebih sempurna. (http://clubbing.kapanlagi.com/ : Aneh Tapi Nyata)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »