Wisudawati Tertua di Dunia

Unik tapi Fakta -















Tak ada istilah tua dalam sekolah. Nola Ochs, perempuan tua asal Paman Sam itu, bisa menjadi contoh. Betap umur bukan alasan untuk bisa kuliah. Di usianya yang kini berumur 95 tahun, ia berhasil meraih gelar sarjanannya di Universitas Negeri Fort Hays, Amerika Serikat.

Pada awalnya, perempuan asal Kansas kelahiran 1911 itu, berniat belajar sejarah, namun akhirnya, justru ia membuat sejarah dengan menjadi orang tertua meraih gelar sarjana.

Pada Sabtu, Ochs, mendapat sambutan tepuk tangan dari rekan kuliahnya saat menerima ijazah sarjana bidang sejarah dari gubernur Kansas. "Menyenangkan sekali. Semua orang berdiri dan bersorak-sorai," katanya kepada AFP.

Ketika menjawab pertanyaan tentang alasan dia belajar sejarah, Ochs menjawab, "Saya menyaksikan banyak sejarah dan saya jadi tertarik."


Ochs menjalani hidup sebagai ibu rumahtangga di peternakan di Jetmore, Kansas, dan mulai kuliah di universitas terbuka pada usia 67 setelah suaminya meninggal. "Saya istri peternak. Suami saya sudah meninggal dan anak-anak sudah dewasa. Saya hanya mencari kegiatan dengan mengerjakan yang saya sukai, sebagai pengisi waktu senggang," katanya.

Setelah beberapa lama, belajar lewat surat ternyata dia anggap tidak memuaskan. Dia kemudian kuliah di kampus berisi 4.500 mahasiswa, tinggal berdampingan bersama mahasiswa seumur cucu-cicitnya.

"Saya sangat senang. Para mahasiswa menganggap saya seperti mahasiswa lain. Mereka memanggil saya dengan nama kecil," kata Ochs, yang masih menyetir sendiri mobilnya.

Dia tidak hanya belajar sejarah, tapi juga belajar ilmu berbicara di depan umum, komposisi, dan komputer.

Setelah mendapat gelar sarjana, ia pun berencana mengambil kuliah lagi, misalnya, tentang Internet dan cerita bertutur. Menurut dia, sebutan pemegang rekor dunia sebagai orang tertua lulus sarjana semakin menambah manis suasana.

"Saya senang sekali. Itu benar-benar tidak saya sangka dan saya berterimakasih atas tanggapan umum kepada saya," katanya.

"Saya berharap itu menjadi ilham agar orang belajar lebih jauh lagi. Teruslah belajar. Kita tidak akan pernah selesai belajar," serunya.

SUMBER




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »