Daftar 10 Perusahaan Terbesar Sejagat

Unik tapi Fakta - Perusahaan minyak asal Belanda, Royal Dutch Sell, menggeser perusahaan ritel AS, untuk meraih posisi teratas dalam daftar 500 perusahaan tersukses di dunia versi majalah Fortune. Hal ini semakin mengokohkan posisi Shell sebagai salah satu perusahaan minyak terbaik di dunia.

Berdasarkan daftar terbaru yang dirilis Fortune, pada tahun 2008 Shell berhasil menarik pendapatan sebesar 458,361 juta dollar AS dengan laba 26,277 juta dollar AS. Meski secara prosentase Shell mengalami penurunan laba dibanding tahun 2007, hal tersebut tidak menghalangi Shell naik 2 peringkat untuk mencapai posisi puncak.

Bertengger di bawah Shell adalah kompetitor utamanya, Exxon Mobil. Exxon Mobil memang gagal meraih gelar juara sebagai perusahaan tersukses di dunia, tetapi setidaknya mereka berhasil meraih peringkat pertama sebagai perusahaan Amerika tersukses. Tercatat Exxon berhasil meraih pendapatan sebesar 442,851 juta dollar AS dan laba sebanyak 45,220 juta dollar AS.

Pada 10 besar dafatar 500 perusahaan terbesar Fortune ini, terdapat tujuh perusahaan minyak. Maklum saja, tahun lalu harga minyak mentah dan komoditas tambang lainnya sedang dalam level tertinggi.

Berikut ini adalah daftar 10 besar perusahaan terbesar di dunia versi majalah Fortune:

1. Royal Dutch Shell
2. Exxon Mobil
3. Wal-Mart Stores
4. BP
5. Chevron
6. Total
7. Conoco Philips
8. ING Group
9. Sinopec
10. Toyota Motor (Kompas.com)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »