Telah Ditemukan Piramid Baru!

Unik tapi Fakta
Mesir adalah lautan piramida, tapi masih ada saja ditemukan piramida baru yang terkubur di bawah timbunan pasir selama bertahun-tahun. Situs arkeologi yang pantas disebut sebagai Piramida yang Hilang tersebut diperkirakan sebagai makam Menkauhor, raja dinasti ke-5 yang berkuasa selama delapan tahun pada 2400 sebelum Masehi.

Piramida tersebut sebenarnya ditemukan pertama kali pada pertengahan abad ke-19 dan didokumentasikan sebagai Piramida Tanpa Kepala atau Nomor 29. Namun, piramida tersebut tertutup timbunan pasir di Saqqara yang merupakan kompleks pemakaman raja-raja Mesir Kuno.

“Piramida tersebut dilupakan orang hingga kami mulai melakukan pencarian di area ini,” ujar Zahi Hawass, sekretaris jendral Dewan Arkeologi Mesir. Butuh waktu 1,5
tahun untuk menggali pasir yang mencapai tinggi 7,6 meter yang menimbunnya.

Para arkeolog yakin piramida tersebut berasal dari zaman Kerajaan Tua periode 2575-2150 sebelum Masehi. Meski dilihat dari bentuknya, piramida tersebut berasal dari Kerajaan Tengah antara 1975-1640 Sebelum Masehi, struktur piramid terbuat dari batu granit merah yang merupakan ciri piramida Kerajaan Tua. Ruang makam juga mengandung peti batu yang khas Kerajaan Tua. Selain itu, piramida tersebut berdekatan dengan piramida Teti, raja pertama dinasti ke-6.

Sayangnya, tidak ditemukan makam raja di dalam piramida tersebut. Namun, piramida di sekitarnya menguatkan pendapat bahwa piramida yang baru digali merupakan peninggalan Menkauhor. “Ada beberapa piramida raja yang hilang, dan ini salah satunya,” ujar Hawass.








http://permasinfosejarah.blogspot.com/
 
HALAMAN SELANJUTNYA:


0 Response to "Telah Ditemukan Piramid Baru!"

Post a Comment

close[CLICK 2x UNTUK MENUTUP]