69,6 Juta Unit! Mobil Terjual Secara Global 2010:

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia - Tahan 2010 merupakan tahun yang keras bagi para analis karena proyeksinya banyak yang meleset, khususnya di industri otomotif. Para analis pun setiap bulan melakukan revisi dengan membuat perubahan yang cukup berarti. 

Hal ini diumumkan oleh IHS Automotive, Amerika Serikat. Lembaga tersebut telah membuat prediksi bahwa 2010 merupakan tahun penjualan terbesar di dunia untuk mobil dan truk, yaitu mencapai 69,6 juta unit. Rekor sebelumnya, 69,5 juta unit, dibuat industri mobil dunia pada 2007.
Prediksi penjualan 2010 tersebut diumumkan kemarin oleh Bigel Griffiths, seorang ekonom dari IHS Automotive. Pada tahun lalu, berdasarkan data yang dirilis Griffiths, penjualan mobil dan truk mencapai 63,8 juta unit.
Lebih lanjut dijelaskan, pertumbuhan penjualan mobil paling cepat terjadi di China. Salah satu faktor penyebabnya adalah sponsor dari pemerintah berupa subsidi melalui skema “membesituakan mobil lama” dan menggantinya dengan yang baru. Hal ini terutama untuk mobil irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Dikatakan, sponsor pembelian mobil baru oleh Pemerintah China tersebut mendongkrak penjualan sekitar satu juta unit.
IHS Automotive juga memperkirakan bahwa penjualan mobil dan truk di Amerika mulai melonjak setelah 27 tahun mencapai titik terendah pada tahun lalu, 10,4 juta unit. Pada 2010, penjualan mobil di Amerika Serikat diperkirakan 11,35 juta unit dan akan naik lagi pada 2011 menjadi 12,8 juta unit.  
Indonesia
Sementara itu, di Indonesia—kini menjadi jawara di ASEAN
—Gaikindo memprediksi bahwa penjualan tahun ini bisa mencapai 700.000 unit lebih. Hal ini juga merupakan rekor baru dalam sejarah bisnis dan industri mobil di Indonesia.
Sampai akhir September ini, penjualan mobil di Tanah Air diperkirakan mencapai 550.000 unit. Dengan demikian, prediksi Gaikindo atau pelaku bisnis mobil Indonesia mendekati kenyataannya. Pasalnya, sisa tiga bulan berarti penjualan 150.000 unit mobil dan truk atau rata-rata tiap bulan paling rendah 50.000 unit. Bisakah hal ini tercapai?
Sementara itu, para ATPM optimistis bahwa mulai Oktober mendatang, penjualan akan kembali ke 60.000-65.000 unit. So, yakin di atas 700.000 unit!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »