E-Vivacity: Skutik Listrik Peugeot

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia - Di Indonesia, skuter otomatik atau skutik makin digemari karena praktis. Di Eropa pun demikian. Bedanya, teknologi skutik di sana sudah mulai bergeser dari mesin konvensional ke motor listrik. Nah, Peugeot Motorcycles coba menampilkan E-Vivacity di pameran EICMA di Milan, Italia.

Skutik ini menawarkan revolusi sebuah kendaraan pribadi yang kompak dan ramah lingkungan dengan tenaga 100 persen listrik murni. Peugeot menyebutnya, "Kendaraan yang menyenangkan, mudah dikendarai, dengan akeselerasi yahud".

Bobotnya yang 115 kg dikategorikan ringan dan diklaim mampu menempuh jarak 45 km di dalam kota atau 60 km saat bepergian jauh. Sekali isi baterai, diperlukan waktu 5 jam dengan langsung mencolokkan kabel ke soket di rumah. Baterai litium ini memiliki usia pakai yang panjang karena sudah teruji mampu diisi berulang-ulang sampai 1.000 kali.

Meski mungil, teknologi E-Vivacity memungkinkan baterai mengisi kembali dengan memanfaatkan gaya kinetik yang tercipta saat pengereman, mirip Toyota Prius Hybrid. Yang menarik, skutik ini punya gigi mundur meski cuma bisa digunakan pada kecepatan lambat saja.

E-Vivacity akan melengkapi semua model skutik Peugeot yang masih menggendong mesin bensin 4-tak mulai 2011.

Sekadar informasi, produsen sepeda motor asal Perancis ini merupakan produsen pertama yang memasarkan skutik listrik di ajang Cologne Motor Show 1996. Model tersebut terjual hingga 3.500 unit selama 10 tahun sampai 2006. Sepertinya, dengan E-Vivacity, Peugeot ingin menciptakan rekor baru penjualan skuter listriknya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »