Aneh, Simpanse Beribu Seekor Anjing

Unik tapi fakta - Cerita unik ini terjadi di Rusia: seekor anak simpanse memiliki ibu seekor anjing mastiff. Sang anjing, layaknya ibu betulan, rajin menggendong primata itu ke sekeliling rumah dan menidurkan sang bayi di samping tempatnya berbaring.


Pemandangan langka itu terjadi di rumah seorang penjaga kebun binatang yang tak disebutkan namanya. Ia menemukan bayi simpanse itu dicampakkan begitu saja oleh ibu kandungnya di kebun binatang pada tahun lalu. Lantaran terus ditolak sang induk, penjaga itu pun membawanya pulang.

Tak disangka, hanya dalam beberapa jam anjing mastiff di rumahnya menyambut bayi betina itu. Mereka langsung akrab. Anjing peliharaan di keluarga itu pun mengadopsinya sebagai anak anjing baru. Anjing mastiff Rusia bertubuh besar yang memiliki empat anak itu ternyata memberikan kasih sayang yang sama pada sang simpanse.

Anjing-anjing tersebut misalnya berbagi tempat tidur mereka. Bayi simpanse bahkan lebih sering berbaring di tubuh ibunya. Ia kadang bergelayutan di perut atau melekatkan tubuhnya pada punggung anjing mastiff. Mereka juga makan dari wadah yang sama, tentu dengan menu berbeda.

Para ahli hewan di Rusia terheran-heran dengan hubungan mesra tersebut. Mereka mengatakan anjing biasanya takut terhadap primata karena primata memiliki perilaku yang sering tak terduga dan menakutkan anjing. Tapi yang terjadi dengan anjing-simpanse di rumah penjaga kebun binatang itu, kata seorang ahli hewan, justru seperti wortel dan kacang polong yang tak terpisahkan.

Seorang pengamat mengatakan, "Mereka terlihat sangat santai satu sama lain." Bukan tidak mungkin, dalam waktu yang tak terlalu lama lagi, kata pengamat itu, simpanse yang akan beranjak dewasa tersebut akan mengajak ibu dan saudara-saudaranya berjalan-jalan tiap pagi atau sore menyusuri taman dekat rumah mereka

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »