Mencicipi Kopi Ala Profesional

Unik tapi Nyata -Para pakar kopi menyebutnya ''cupping''-- yang berarti merasakan kopi-kopi dalam seting senetral mungkin, untuk menyadari adanya kelemahan, karakter, fitur dan juga untuk membandingkan berbagai tipe biji kopi dan tipe pengeringan. Untuk itu anda cukup hanya merebus berbagai macam jenis kopi di pot pembuat kopi dan meminumnya.


Namun, bila ingin merasakan pengalaman lebih, anda bisa mengikuti prosedur formal yang telah ditetapkan para pakar. Cara ini mempermudah anda mengevaluasi perbedaan, kemiripan sekaligus belajar untuk mengenali berbagai karakteristik biji kopi. Tertarik? Mari kita tengok tahapan langkah yang perlu anda ikuti dan saran untuk membuat lebih menarik, lakukan bersama teman.

  1. Persiapkan beberapa jenis kopi yang ingin anda bandingkan. Pilih beragam kopi dengan perbandingan menarik: mungkin empat jenis kopi berbeda dari wilayah yang sama.
  2. Sediakan penggiling kopi kecil
  3. Air panas tentu saja,
  4. Timbangan dapur
  5. Cangkir atau gelas kopi kecil, paling tidak dua untuk satu jenis kopi.
  6. Dua sendok makan
  7. Baki atau gelas untuk meletakkan biji kopi
  8. Label kertas
  9. Meja!
  10. Jam atau Timer
  11. Termometer
  12. Opsional: Notes untuk mencatat hasil

Kemudian tempatkan sejumlah--dari masing-masing--biji kopi dalam baki atau gelas untuk dilihat, dipegang dan dibaui. Perhatikan bentuk, warna dan tekstur dari biji-biji tersebut. Ingatlah tanda-tanda untuk setiap biji. Anda dapat melabeli dengan nama atau cukup memberi kode huruf bila ingin melakukan pengetesan buta.

Berikut, persiapkan kopi anda. Inilah caranya :


Langkah 1: Rebus dan Rendam

Timbang setiap jenis biji kira-kira 14 gram lalu giling dengan cukup lembut. Letakkan bubuk kopi ke dalam satu cangkir pengetes anda. Beri kesempatan setiap teman untuk membaui aroma kopi bubuk dan jika perlu buat catatan. Kemudian, sebelum aroma menguar terlalu lama, tuang 7 ons air mendidih bersuhu 202 derajat untuk merendam seluruh bubuk. Siapkan dua cangkir untuk setiap kopi. Duplikasi materi uji coba meminimalkan risiko biji-bijian buruk merusak rasa.

Cobalah untuk memastikan hasil gilingan tetap konsisten pada setiap jenis kopi. Penggiling kopi berduri lebih disarankan ketimbang Penggiling dengan pisau berputar.

Untuk mendapat air dengan suhu tepat tanpa termometer, masak air di ceret hingga mendidih dan biarkan ia selama 30 detik sebelum dituangkan.

Langkah 2: Pecahkan tutup

Setelah bubuk kopi dalam cangkir direndam selama 4 menit, kini waktunya "memecahkan tutup". Pecahan bubuk kopi dengan busa aka mengambang di atas cangkir. Dekatkan hidung anda tepat di atas permukaan cangkir, ambil sendok dan dorong melewati permukaan untuk memecah busa. Anda akan mendapat hadiah berupa aroma. Evaluasi aroma itu. Beri kesempatan kepada setiap partisipan untuk memecahkan "tutup" kopi.

Setelah lapisan busa pecah dan bubuk mulai mengendam, gunakan dua sendok untuk menyingkirkan semua bubuk yang masih mengapung di permukaan.

Langkah 3. Cicipi

Pada tahap ini, pakar profesional akan membiarkan kopi-kopi mendingin 20 menit karena mereka mencari kelemahan pada jenis kopi. Namun anda tak perlu menunggu selama itu.

Dengan sendok yang bersih, ambil sesendok cairan dari cangkir dan hisap dengan suara sekuat mungkin. Cara itu akan mencampur kopi dengan udara lalu mengantarkannya dengan baik ke mulut anda (dan semoga tidak ke tempat lain). Hirup dan hembuskan aroma dengan hidung. Rasakan dengan seksama mungkin. Lakukan langkah ini pada setiap jenis biji kopi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »