Berebut Predikat SUV Terlaris

Fortuner SUV Terbaik - Pertarungan di segmen pasar mobil Sport Utility Vehicle (SUV) tak kalah sengit dan menarik ketimbang segmen mobil Multi Purpose Vehicle (MPV). Terbukti ada enam merek saling berebut meraih predikat SUV 4x2 terlaris di Indonesia.



Apa saja keenam merek SUV 4x2 itu, bagaimana peta kekuatan mereka, dan mana yang paling unggul? Sepanjang semester pertama tahun ini dari Januari-Juli 2012, penjualan SUV 4x2 mencapai angka 28.233 unit yang diisi oleh enam merek, yaitu Toyota, Honda, Mitsubishi, Nissan, Chevrolet, dan KIA.

Toyota Fortuner mencatat angka penjualan 11.895 unit dengan market share mencapai 39,4 persen. Angka ini diprediksi bakal terus meningkat sampai akhir 2012. Oleh karena itu target Toyota Astra Motor (TAM) yang mengincar market share 40 persen di tanah air, bisa saja disambar Fortuner.

“Pasar SUV ini unik. Setiap ada pengembangan produk, pasar selalu berkembang karena pasar ini selalu dicari konsumen. Jadi sangat wajar jika penjualan SUV meningkat, karena memang banyak produk baru atau pun facelift,” kata General Manager Corporate Planning & Public Relation PT. Toyota Astra Motor (TAM) Widyawati Soedigdo di sela-sela test drive Grand New Fortuner VN Turbo di Bandung, Selasa 11 September 2012.

Widyawati menyatakan, penjualan TAM di kelas ini juga baik karena Fortuner terbukti mampu merebut pasar 39,4 persen. “Mudah-mudahan sampai akhir tahun ini kami terus memimpin dan bisa merebut pasar 40 persen,” ujar dia.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Fortuner bersaing ketat dengan Mitsubishi Pajero yang meraih penjualan 6.514 unit dengan market share 21,6 persen.
Di belakangnya ada Honda CR-V dengan raihan penjualan 5.490 unit atau market share 18,2 persen. Selanjutnya Nissan X-Trail dengan penjualan 1.661 unit, Chevrolet Captiva yang mencatat penjualan 1.476 unit, dan terakhir KIA Sportage yang mencapai penjualan 1.197 unit.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »