Pesawat Luar Angkasa untuk Jalan-Jalan

Unik tapi Nyata -Ada beberapa pesawat komersil yang bisa mengantar traveler berwisata ke luar angkasa. Salah satunya adalah Lynx milik perusahaan XCOR Aerospace. Seperti apa bentuknya?

Bayangkan Anda berada dalam pesawat super canggih, duduk persis di samping pilot. Dalam hitungan menit setelah lepas landas, Anda akan menembus atmosfer bumi. Merasakan gravitasi nol selama beberapa detik. Kemudian, bumi yang bulat pun tampak persis di kaca depan Anda.

Ini bukan simulasi terbang ke luar angkasa. Kira-kira inilah yang akan Anda rasakan kalau naik Lynx, pesawat milik perusahaan XCOR Aerospace. Lynx adalah salah satu pesawat yang akan mengantar Anda ke luar angkasa.

Dari Situs XCOR yang dikutip detikTravel, Selasa (11/6/2013) Lynx akan membawa wisatawan dalam penerbangan suborbital selama 1,5 jam. Jarak yang ditempuh dari bumi adalah 100 Km. Tidak seperti roket yang lepas landas secara vertikal, Lynx sama seperti pesawat pada umumnya yang lepas landas secara horizontal.

Panjang pesawat Lynx yakni 9 meter dengan sayap yang membentang 7,5 meter. Ada 3 jenis pesawat Lynx yang digunakan untuk berwisata ke luar angkasa, yakni Lynx Mark I, Lynx Mark II, dan Lynx Mark III.

Mungkin XCOR Aerospace punya penerbangan ke luar angkasa dengan frekuensi terbanyak dalam sehari. Dengan hanya 2 kursi yang diisi pilot dan Anda sendiri, Lynx rencananya bisa melayani penumpang sebanyak 4 kali sehari.



Meski sering, tak perlu kuatir soal keamanan. Aspek tersebut diperhatikan betul oleh XCOR Aerospace. Buktinya, traveler yang mendaftar pergi ke luar angkasa harus menjalani serangkaian pemeriksaan terlebih dahulu. Mulai dari pemeriksaan medis, seminar, hingga training khusus.

Sebelum Lynx lepas landas, Anda dan pilot harus mengenakan pakaian anti tekanan yang didesain sendiri oleh XCOR Aerospace. Traveler bisa merasakan lepas landas yang sangat cepat, kemudian memasuki atmosfer bumi hingga langit perlahan semakin gelap.

Begitu sekeliling Anda sudah gelap gulita, pesawat akan melambat. Kemudian tampaklah bumi, tempat tinggal manusia dilapisi oleh 'thin blue line'. Pesawat akan sedikit bermanuver agar Anda bisa melihat bumi dari berbagai sudut. Nikmatilah perjalanan ini, sebelum Anda kembali mendarat di bumi.

Berminat naik pesawat Lynx? Siap-siap merogoh kocek sekitar US$ 95.000 (Rp 930 juta) untuk sekali penerbangan, karena XCOR Aerospace sudah membuka reservasi tiket. Bandaranya ada di Gurun Mojave, California, AS.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »