Fakta Unik Hajar Aswad

Fakta Sejarah Hajar Aswad - Kali ini kita akan membahas tentang sejarah hajar aswad. Hajar Aswad merupakan batu berwarna hitam yang kemerah-merahan, terletak di sudut selatan sebelah kiri pintu Ka’bah di Makkah. Ketinggiannya sekitar 1,10 m dari permukaan tanah.

Fakta Sejarah Hajar Aswad

Fakta Sejarah Hajar Aswad
Fakta Sejarah Hajar Aswad

Hajar aswad di tanam di dinding Ka’bah. Kaum muslim tentu sangat mengenal Hajar Aswad di makkah ini. Karena umat Islam meyakini  bahwasannya batu Hajar Aswad adalah sebuah batu yang berasal dari surga. Sejarah hajar aswad menyebutkan bahwa awalnya batu ini berwarna putih namun lama kelamaan menjadi hitam karena banyak dosa yang dilakukan oleh umat manusia.

Di dalam sebuah hadits yang shahih Rasulullah SAW bersabda bahwa Hajar aswad ketika diturunkan kebumi dalam keadaan putih bahkan  lebih putih dari susu namun karena dosa  yang di perbuat oleh anak cucu adam  sehingga semakin lama hajar aswad berubah menjadi hitam.

Sejarah Hajar Aswad tidak bisa lepas dari sejarah ketika dibangunnya Ka’bah. Dalam alquran surat al-Baqoroh ayat 127 disebutkan bahwa pembangunan ka’bah berdasarkan oleh petunjuk dari Allah SWT. Dan dilakukan oleh nabi Ibrahim dan nabi ismail. Dari petujuk Allah Ka’bah harus dibangun didekat sumber air Zamzam.

Pembangun dilakukan pada tahun 2130 sebelum masehi. Dalam menyelesaikan pembangun ka’bah nabi ibrahim dan nabi Ismail berkeliling kebeberapa gunung untuk mencari material yang dibutuhkan. Dan ketika dalam pencarian tersebut Allah mengutus malaikat jibril untuk memberikan sebuah batu yang berwarna putih nan indah kepada ismail. Lalu Nabi Ismail menyerahkan batu tersebut kepada ayahnya nabi Ibrahim. Betapa senang keduannya ketika melihat batu tersebut. Nabi ibrahim lalu mencium batu tersebut dan kemudian nabi Ismail pun menirukannya.

artikel terkait : 5 Fakta Unik Ka'bah

Ketika umat muslim menunaikan ibadah haji dan umrah mereka berusa keras untuk dapat mencium batu Hajar Aswad. Sehingga telah banyak sekali manusia yang mencium hajar aswad termasuk nabi besar Muhammad SAW ketika mereka menunaikan ibadah haji maupun umrah ditanah suci makkah.

Sekian informasi singkat mengenai sejarah hajar aswad, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda semua.

Video Hajar Aswad dari Jarak Dekat




(Fakta Unik)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »