Mei Hwa, Bunga Simbol Imlek

Mei Hwa, Bunga Simbol Imlek - Bunga mei hwa kerap dijadikan perlengkapan wajib saat Hari Raya Imlek. Dalam bahasa mandarain, mei hwa sendiri memiliki arti cantik (mei) dan bunga (hwa). Bunga asli yang berasal dari Tiongkok ini memiliki bentuk kecil. Warnanya ada yang merah muda, dan ada juga yang putih. Ketika berbunga, bunga mei hwa akan memenuhi hampir seluruh pohon.

Bunga mei hwa memiliki nama latin Prunus mume. Bunga ini memang selalu mekar saat menjelang musim semi, dan itu merupakan awal tahun baru dalam penanggalan Tionghoa. Banyak yang menyangka bahwa bunga ini adalah bunga sakura. Padahal, mei hwa dan sakura itu tidak sama. Keduanya hanya mirip karena berasal dari satu keluarga yang sama. Kalau mei hwa disebut dengan plum blossom, sakura dikenal dengan cherry blossom.

Mei Hwa, Bunga Simbol Imlek

Mei Hwa: Bunga Simbol Imlek


Bunga mei hwa yang dipajang saat Imlek bukan hanya sekedar hiasan semata. Bunga ini juga jadi lambang pembawa harapan, kebahagian, dan keberuntungan. Hal ini dipercaya karena pohon bunga ini sanggup tumbuh, bahkan berbunga saat salju masih ada. Di saat bunga yang lainnya belum mekar, bunga mei hwa sudah bermekaran dengan indahnya. Ini juga menjadikan mei hwa sebagai perlambang semangat baru di awal tahun.

Sosok bunga sejenis sakura ini memang indah, unik, dan khas sehingga banyak warga Tionghoa yang memanfaatkannya untuk hiasan Imlek. Untuk bunga mei hwa yang ada di Indonesia, pada umumnya terbuat dari plastik. Kendati demikian, mei hwa imitasi ini tetap dapat menambah kemeriahan dalam menyambut tahun baru Imlek

Mei Hwa, Bunga Simbol Imlek
Mei Hwa, Bunga Simbol Imlek


Bunga mei hwa saat ini sudah mendunia sebagai aksesoris Imlek, tertutama setelah adanya industri yang menciptakan bunga mei hwa artifisialsial. Bahan yang digunakan untuk membuat bunga ini pun beragam, namun yang paling populer tetap dari plastik dan diimpor langsung dari Negeri Tirai Bambu.
(Berita Unik)
HALAMAN SELANJUTNYA:


0 Response to "Mei Hwa, Bunga Simbol Imlek"

Post a Comment

close[CLICK 2x UNTUK MENUTUP]